Pengalaman Saya Menurunkan Berat Badan

Ini terjadi kira-kira tahun 2015 lalu..
Saat itu tiba-tiba aku merasa lebih gendut dari biasanya. Dulu berat badanku hanya 45kg naik turun sih, tapi ya segitu-segitu saja..
Pipi, lengan, dan perut, mereka membesar tanpa aku sadari. Entahlah, memang sih porsi makan saya bertambah. Mungkin 2 kali kipat.. hampir sama seperti porsinya adik laki-lakiku yg berumur 19th.
Waktu itu aku baru bener-bener sadar saat ada yg bilang "mbak stavy gendutan yaa..". OH MY GOD!!!!
Kalimat itu langsung menusuk ke uluh hati!. aku mulai merisaukan tentang hal ini. Gimana tidak. Wong berat badanku saja sekitar 55kg!!.
Hasil gambar untuk lose weight
Apalagi saat itu aku masih punya pacar. Malu dong sama mas pacar.
Dan lagi, waktu itu aku juga tumbuh jerawat. Jerawatnya gak karuan bentol sana bentol sini.

Wah tambah stres.

aku mulai googling. Beberapa ringkasan yg aku ingat dari artikel-artikel  yg pernah aku baca:

1. Diet mayo
makan makanan tanpa rasa! Terus ada menu-menu khusunya setiap hari beda,beda. Baru baca saja saya udah pesimis. Mana mungkin. aku kan dimasakin ibuk. Terus, menu-menunya juga susah nyarinya daging ini nasi itu sayur ini. Iya kalau satu keluarga suka. Kalau gak?? Habis-habisin pengeluaran sajah

2. Food Combine
Halah. Ini malah bolongin dompet. Makan daging campur sayur itu, ayam dan buah ini itu. aku juga langsung pesimis yg ini. Hahaha..



3. OCD (Daddy Corbuzier)
Ini adalah diet paling bersahabat dan Mudah. Tidak mengeluarkan banyak biaya dan bukunya pun bisa didownload secara geratis di internet.

Caranya seperti berpuasa, tapi lebih ringan. Karena meskipun kita tidak diperbolehkan untuk makan, nnamun kita tetap diperbolehkan untuk minum. Ya! Minum saja.

Metodenya seperti ini:
Metode diet ini seperti berpuasa. Dan diet Daddy Corbuzier adalah.
16 jam, 18 jam, dan 20 jam. Puasa tersebut bisa anda lakukan bertahap.
Kamu bisa mengawali metode ini Metode ini dengan melakuka puasa 16 jam agar kamu terbiasa dengan metode ini terlebih dahulu.

Kita memiliki 24 jam dalam sehari. Jika kita puasa dalam 16 jam maka kita memiliki sisa waktu 8 jam untuk makan. Makan APAPUN. ya APAPUN!

Tidak perlu ragu dengan pemikiran. “percuma saja berpuasa jika pada akhirnya tetap makan sepuasnya dan makan apapun”. Tidak. Itu tidak benar. Karena bagi siapapun yang pernah atau terbiasa berpuasa. Pasti tahu. Bahwa setelah berpuasa. Kita menjadi lebih cepat kenyang dengan hanya sedikit makan saja.

Setelah kalian terbiasa dengan tahap pertama kalian bisa melanjutkan puasa 18 jam, lalu 20 jam. Lebih lengkapnya silahkan membaca buku diet tersebut.

Aku Sempat melakukan diet ini hingga beberapa minggu , aku juga melakukan  olahraga yang direkomendasikan pak corbuzier, olah raganya sangat ringan.

Tapi dalam menjalankan metode ini aku juga tidak selancar yang kalian bayangkan. Kadang  juga merasa sangat lapar dan memutuskan untuk makan krupuk. Secuil saja sudah cukup untukku. hahaha.. 

tapi dalam metode tersebut sudah dikatakan. Makan secuil sedikitpun berarti anda GAGAL.
Apa yang aku pikirkan? “tidak apa-apa ini hanya sedikit tidak mempengaruhi apapun” (tetap saja membela si perut)
Tapi tidak hanya itu , aku juga mencoba obat diantaranya:

1. Sliming tea
aku tidak ingat apakah ini berhasil atau tidak. Sepertinya berhasil meskipun sedikit. Efek dari teh hijau ini adalah membuang lemak dalam tubuh melalui urin dan feses. Sepertinya sih aku lupa. Kamu bisa membacanya pada kmposisi/ingredient teh tersebut.

2. Obat penurun kadar gula
Karena gula juga menyebabkan kegendutan. Jadi saya harus mengurangi gula dalam tubuh, dan cara cepatnya adalah dengan minum ini. tapi tidak lama, Setelah itu tidak lagi. kamu tau efek dari obat tersebut? 
Dadaku berdebar-debar dan merasakan rasa lapar yang hebat. Hahaha.. 

sepengetahuannya, jika berdebar-debar setelah meminum sebuah obat, berarti dosis obat tersebut tidak cocok dengan tubuh kita. SO .. aku benar-benar melarang kalian mencobanya.
Karena menurutku ini tidak aman. aku melakukannya pun tanpa resep dokter. Jadi saranku. cukup hindari makanan yang mengandung kadar gula.

3. Kalsium
Fungsi lain dari kalsium adalah untuk membakar lemak. Jadiii.. aku minum ini. Tapi jangan lupa untuk mngunyah kalsium yg berbentuk pil atau tablet. Karena sifat pil kalsium itu sama seperti pil maag. Mereka larutnya lama didalam lambung. Makanya kenapa obat maag lebih cepat bereaksi yg cair/syrup.

Pemakaian kalsium ini lumayan lama. aku lupa sudah menghabiskan berapa pil. saat itu aku juga berjerawat. Jadi manfaatnya dobel (kalsium juga bagus untuk menyembuhkan jerawat). 

Tapi.. bagaimanapun yg alami pasti lebih baik. Konsumsilah kalsium dari bahan alami.

Sebulan dua bulan dan beberapa bulan.. aku sudah tidak melakukan semua yang tertulis. SEMUANYA! 

aku kembali makan 3 kali sehari. Makan makanan apapun. aku sudah tidak terlalu peduli lagi dengan kegendutan ini. 

Tapi cara-cara yang aku tulis bisa menurunkan berat badan menjadi 49kg. Lagian karena pada saat itu aku dilanda kesedihan yg mendalam karena putus cinta. Aku semakin tidak peduli. Tapi apaa??? Berat badanku turun!!! Bertahap sih, dari 48, 47 46, sampai 45kg saat ini!

aku tidak bisa menyimpulkan penyebab menurunnya berat badan. Entah karena slimingtea (green tea), obat gula, kalsium, ocd, atau olah raga. 

Tapi yang aku ingat, ini terjadi dibulan-bulan dimana aku tidak memakai metode atau obat diet apapun, aku hanya mengurangi porsi makan. Makan dengan sedikit. Tidak sedikit-sedikit amat sih. lebih tepatnya porsi makanku sebelum terjadi kegendutan ini. 

Aku tetap sarapan, makan siang, makan malam, dan ngemil. Walaupun begitu, aku tetap ingat kalau lagi diet. Jadi tetap terkontrol.
Jadi kesimpulnnya.. obat diet paling ampuh adalah PATAH HATI. hahaha...

Bercanda.. ubahlah pola makan kamu, yang biasanya banyak, di kurangi seperempat atau setengahnya, dan berolagraga lah jika ingin cepat menurunkan berat badan, dan jangan lupa mengkonsumsi kalsium sebagai pendukung!
Istavita Utama
Istavita Utama

Gadis pemalas yang otaknya dipenuhi oleh film, music, dan menulis.

2 comments:

  1. Seriusaan???? Tpi emang iya sieeh.. diet yg bertema itu susah banget. Hohihi

    ReplyDelete
  2. Iya saaayy... awalnya ajah semangat. Seminggu lewat, udah males lagi. Hahaha..

    ReplyDelete