Pertanyaan dan Jawaban Sidang Skripsi

Apa Saja Pertanyaan yang diajukan dalam Ujian Skripsi?

Aku aja selesai ujian skripsi. Biasa aja sih. Sama dengan ujian proposal.
Diuji oleh beberapa dosen, salah satunya dosen pembimbingku.
Tahapan ujian skripsi diantaranya:

1. Presentasi.
Biasanya kita akan diminta untuk membuat powerpoint dan mempresentasikan, apa isi dari power pointnya? Ya inti dari skripsimu itu.
Nggak perlu bingung dengan tahap pertama ini. Kalian cukup membaca bagian abstraksi, lalu bab 4 pada bagian pengenalan perusahaan, dan bagian kesimpulan.
Hafalkan bagian itu dan sampaikan dengan ekspresi bahwa "saya pembuat skripsi ini, memahami seluruh isinya dan saya yakin skripsi saya sudah benar". Percayalah, ekspresi percaya diri kalian itu berpengaruh. Haha..

 2. Pertanyaan.
Tahapan ini malah lebih mudah, karena pertanyaannya
ya dari sekelumit skripsi yang notabene kalian yang bikin. Otomatis kalian pasti tau jawabannya. Nggak mungkin skripsi kalian tentang pajak, terus penguji nanyain pengaruh nitrogen pada benda padat. Imposible guys... semua jawabannya ada di skripsi kalian.
Nah, tapi nih, ada satu hal yang tidak saya pelajari sebelum ujian. Membaca struktur organisasi dari perusahaan yang saya jadikan objek penelitian!!
Sebenernya sih mungkin karena saya nggak paham dengan pertanyaan si penguji atau si penguji yang tidak  jelas dalam pemberian pertanyaan. Pas dibilang suruh jelasin, ya saya jelasin direktur tugasnya apa, humasnya tugasnya apa. Nah, setelah selesai dengan jawaban yang saya tidak yakin, si penguji bilang yang intinya, bukan itu jawaban yang dia minta, dia ingin saya jawab urutan kerjanya berdasarkan garis bagan pada struktur organisasi. Ya Allah....... jika begono aja sih gampaaangg... tidak usah pakai mikiir. Tinggal pelindung berada diposisi paling atas, lalu dibawahnya ada direktur sebagai kepala perusahaan dan langsung berhubungan dengan wakil, begitu juga humas dll. Yo wes ngunu took. Jadi ternyata maksud si dosen itu saya suruh jelasin dengan struktur organisasi itu menurut linier bagan tersebut. Hadooh..
Jadi guys, persiapkan dirimu untuk pertanyaan yang tidak terduga. Makanya. Pahami dan pelajari betul-betul keseluruhan skripsi kalian. Karena seluruh pertanyaan ada pada skripsi yang kalian buat.


3. Komentar penguji.
Pada tahap ini yang kamu harus persiapkan adalah pulpen!!!! Jangan sampek kamu mengalami moment awkward seperti saya.
Jadi saat ujian saya bawa pulpen. Awalnya tuh pulpen biasa aja. Lha kok pas tahapan ini pulpennya mulai mati kehabisan cairan. Ini kan momen penting. Saya harus nyatet beberapa hal yang menurut penguji salah dan harus diperbaiki. Malah kehabisan ion. Mana tidak ada ponariswet. Jadi kamu tahu apa yang saya lakukan?? Saya tetap menulis dengan bolpen yang mati. Saya tekan biar meskipun tidak ada tinta, tapi tetap ngecap dan bisa kebaca.
Disamping karena saya butuh mencatat. Saya juga takut dan malu si penguji marah saat tau pulpen saya mati dan malah tidak mencatat apa-apa. Saya takut mereka merasa tidak dihargai atau mereka merasa bahwa saya meremehkan dan tidak  mempersiapkan ujian ini dengan baik. (Ratunya negative thingking). Haha...
Akhirnya ya itu tadi. Saya pun menulisnya agak mundur sambil menutupi kertas saya, malu dong jika mereka tahu saya menggerakkan pulpen tapi tidak ada tulisan.
Ya.. itu tadi siapkan pulpen. Karena itu penting buat kamu yang pelupa sama seperti saya. Atau jika mau gampang, bawa hp, dan nyalain perekam suara dari mulai masuk keruang ujian. Tapi jangan lupa untuk mematikan sinyal hp.

Udah siih.. itu ajah. Hal-hal kecil lainnya, pastiin kalian pakai baju rapih dan wangi, dengan wajah segar, biar mood si penguji ikut baik. Dan jangan lupa tunjukan bahwa kalian yakin dengan skripsi kalian. Good Luck!! ;)
Previous
Next Post »
0 Komentar